Friday, October 6, 2017

Pengertian Interaksi sosial


Interaksi sebuah kata yang sudah familiar di telinga kita, tapi apakah kalian sudah tahu apa pengertian Interaksi tersebut? Interaksi sosial ialah hubungan sosial yang dinamis menyangkut hubungan orang perorang,kelompok perkelompok manusia bisa juga perorangan dengan kelompok yang dapat memengaruhi dalam hubungan timbal balik.

jadi setiap hubungan itu harus ada timbal balik dari lawan bicara kita itu lah yang dinamakan Interaksi sosial.

Interaksi sosial juga memiliki syarat-syarat diantaranya ada dua syarat yaitu kontak sosial dan komunikasi.

kontak sosial berasal dari bahasa latin, con atau com artinya bersama-sama dan tangere. atrinya menyentuh. tetapi secara harfiah kontak itu bisasaja cuma melihat atau tersenyum tidak perlu menyentuh saja yang dinamakan kontak itu. sedangkan komunikasi merupakan hal yang penting dalam interaksi karena Interaksi sosial tidak akan terjadi hanya dengan kontak. komunikasi bisa terjadi jika seseorang memberikan tanggapan terhadap prilaku orang lain dengan menyampaikan prasaan.

Interaksi sosial memiliki proses yaitu dengan cara langsung dan tidak langsung.

Interaksi secara langsung adalah interaksi yang dilakukan tanpa melalui perantara. contoh bicara langsung dengan cara bertemu langsung dengan lawan bicara.

sedangkan Interaksi secara tidak langsung adalah Interaksi yang dilakukan melalui perantara atau menggunakan bantuaan sarana komunikasi seperti telepon, e-mail dan lain-lain. contoh orang tua menelpon anaknya yang tinggal di luar kota.



Sumber: buku paket kurtilas IPS

SUMBER PENGETAHUAN . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | ADJIE CREATOR