Monday, August 19, 2019

Sebelum kita membahas manusia dalam sejarah, kita harus mengetahui terlebih dahulu pengertian sejarah.



Pengertian Sejarah

     Kata sejarah memiliki kata yang sangat luas yang bisa dijelaskan secara etimologis dan terminologis. Definisi umum sejarah dijelaskan oleh kamus besar bahasa indonesia yaitu mencakup beberapa hal,

  1. Asal, usul, keturunan dan silsilah.
  2. Kejadian dan peristiwa yang terjadi pada masa lampau. 
  3. Pengetahuan atau uraian tentang kejadian dan peristiwa yang benar-benar terjadi pada masa lampau. 
Kata sejarah di ambil dari bahasa Arab, yaitu syajaratun yang memiliki arti pohon. Jadi seperti pohon sejarah memiliki keterkaitan pada setiap peristiwa dan mempengaruhi masa yang akan datang. 

Peran Manusia dalam Sejarah 

     Manusia dan sejarah tidak dapat di pisahkan. Karena manusia menjadi penggerak sejarah atau peristiwa hidupnya dalam rangka mewujudkan perubahan dan kemajuan yang di citakan. Perannya dalam peristiwa sejarah itu seperti pemeran utama dalam drama. Jadi dengan kata lain sejarah itu sejarahnya manusia. 

C. Konsep Ruang dan Waktu dalam Kehidupan Manusia

    Hubungan manusia, ruang dan waktu tidak dapat dipisahkan. Setiap peristiwa sejarah yang dialami manusia pada masa lampau berlangsung dalam ruang dan waktu. Adanya ruang membuat pemahaman kita tentang peristiwa sejarah menjadi nyata. Selain itu juga memungkinkan orang membuat kategorisasi peristiwa sejarah berdasarkan tempat, seperti sejarah lokal, sejarah daerah, sejarah nasional, sejarah wilayah, dan sejarah dunia. 
Selain itu perjalanan hidup manusia tidak dilepaskan dari waktu. Lebih dari pada itu, dalam sejarah, masa lampau itu bukan seuatu masa yang terhenti tetapi sesuatu masa yang terus berproses yang akan mempengaruhi masa kini atau masa yang akan datang. 

2 komentar

bagus bang, terimakasih infonya

REPLY

SUMBER PENGETAHUAN . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | ADJIE CREATOR