Sunday, January 26, 2020

Agama Islam merupakan agama yang berasal dari daerah Arab, Agama islam ini di sebarkan oleh Nabi Muhammad SAW. Agama Islam telah berkembang pesat ke seluruh dunia yang kemudian sampai di Indonesia atau Nusantara. Islam datang ke Indonesia setelah kerajaan Hindu-Buddha yang dahulunya berkuasa, telah mengalami disintegrasi atau kemunduran. 


Agama Islam berkembang pesat di Indonesia di bandingkan agama Hindu-Buddha, karena memiliki ajaran yang dapat di terima dengan mudah oleh rakyat Indonesia. Agama Islam masuk ke Indonesia sekitar abad ke -7. Jalur utama penyebaran Islam di Indonesia antara lain sebagai berikut: 

1. Melalui Perdagangan
    Di samping melakukan kegiatan ekonomi yang berupa perdagangan, para pedagang muslim yang berasal dari arab, persia dan gujarat memegang peranan penting untuk menyebarkan ajaran agama islam. Melalui perdagangan inilah islam berkembang dengan pesat. Kegiatan penyebaran agama islam ini juga di dukung karna situasi di saerah tersebut dimana para pengusa daerah berusaha ingin melepaskan diri dari kekuasaan pusat, karena situasi di sana sedang mengalami kekacauan atau perpecahan pada kerajaan yang menguasainya yaitu kerajaan Hindu-Buddha.

2. Melalui Perkawinan 
    Dengan melalui perkawinan inilah islamisasi ini hal yang paling mudah. Jadi banyak diantara para pedagang muslim pada saat itu menikahi para putri dari penguasa daerah tersebut. Yang mana dalam proses nya harus mengucapkan dua kalimat syahadat sebelum melakukan acara pernikahan yang secara islam. 

3. Melalui Pendidikan 
    Pendidikan Islam di senggalarakan dalam sebuah pesantren. Pesantren didirikan oleh para guru-guru agama, kiai-kiai serta ulama-ulama. Pesantren memiliki peranan yang sangat penting karena merupakan tempat pembinaan calon kiai, ulama dan guru agama.

4. Melalui Dakwah 
    Proses Islamisasi di jawa melalui dakwah yang di lakukan oleh kelompok para wali yang di kenal dengan sebutan Walisanga. Ke sembilan wali tersebut di antaranya : 
  • Sunan Ampel ( Raden Rahmat ) di Surabaya, Jawa Timur
  • Sunan Bonang ( Raden Makdum Ibrahim ) di Tuban, Jawa Timur
  • Sunan Drajat ( Raden Syarifuddin ) di Lawongan, Jawa Timur 
  • Sunan Giri ( Raden Paku ) di Gresik, Jawa Timur
  • Syekh Maulana Malik Ibrahim, di Gresik, Jawa Timur 
  • Sunan Kalijaga ( Raden Sahid ) di Kadilangu, Semarang, Jawa Tengah
  • Sunan Kudus ( Raden Jafar Shodiq ) di Kudus, Jawa Tengah 
  • Sunan Muria ( Raden Umar Said ) di Muria, Jawa Tengah 
  • Sunan Gunung Jati ( Syarif Hidayatullah ) di Cirebon, Jawa Barat 

1 komentar:

mantap bro , makasih

REPLY

SUMBER PENGETAHUAN . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | ADJIE CREATOR