Monday, September 17, 2018

Pengertian Migrasi -- Mungkin kata migrasi pernah terdengar di telinga kita, tetapi masih banyak yang belum tahu apa itu migrasi? Migrasi ialah sebuah dinamika penduduk yang tidak hanya dipengaruhi oleh tingkat kelahiran dan tingkat kematian saja, akan tetapi dipengaruhi juga oleh mobilitas penduduk dalam bentuk perpindahan penduduk dari satu tempat ke tempat lain.



Macam-Macam Migrasi --Migrasi memiliki berbagai macam diantaranya Migrasi Internasional (Migrasi Ekstern) dan Migrasi Nasional (Migrasi Interen).
a. Migrasi Internasional merupakan perpindahan penduduk dari suatu Negara ke Negara lain. Contoh Migrasi Internasional antara lain:
  • Imigrasi 
  • Emigrasi
  • Remigrasi 
b. Migrasi Nasional merupakan perpindahan penduduk yang terjadi masih di dalam satu Negara. Contoh Migrasi Nasional antara lain:
  • Transmigrasi 
  • Urbanisasi
Itulah diantaranya macam-macam dari migrasi, perpindahan penduduk tersebut tidak terjadi begitu saja pasti memiliki pengaruh, untuk lebih jelasnya inilah beberapa faktor yang mempengaruhi terjadinya migrasi sebagai berikut:

a. Daya Dorong Suatu Wilayah karena daerah tersebut tidak tersedia sumberdaya yang memadai untuk memberikan jaminan kehidupan bagi penduduknya, misalnya lapangan pekerjaan yang sempit, miskin sumberdaya alam, keterbatasan sarana pendidikan dan bencna alam.

b. Daya Tarik Suatu Wilayah karena daerah tersebut mampu atau bisa dibilang dianggap mampu menyediakan fasilitas dan sumber-sumber penghidupan bagi penduduk, baik penduduk di daerah itu sendiri maupun dari daerah lain, misalnya tersedianya lapangan pekerjaan yang luas, tersedianya sarana pendidikan yang baik dan lenggkap dan kaya potensi sumberdaya alam.




Sumber : Buku Geografi 

SUMBER PENGETAHUAN . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | ADJIE CREATOR