Tuesday, August 28, 2018

Apa itu Gletser ?


Gletser massa besar es berbutir, yang terbentuk dari penimbunan salju dan bergerak menuju ke bawah akibat adanya gravitasi bumi.

Gletser terjadi ketika suhu udara di daaerah beriklim dingin dan sedang pada musim dingin dapat mencapai titik beku. Akibatnya uap air yang terkandung dalam udara akan langsung mengalami proses pembekuan menjadi kristal-kristal salju, kemudian bergerak turun ke permukaan bumi. Timbunan salju tersebut lama kelamaan akan menjadi sangat tebal, sehingga akibat kompaksi dan rekristalisasi akan terbentuk lapisan es di atas permukaan bumi. Lapisan es yang tebal menjadi materi yang plastis dan mempunyai gaya gravitasi yang sangat besar. kemudian es tersebut bergerak menyebar secaa perlahan-lahan ke daerah yang lebih luas atau turun melalui lereng-lereng pegunungan. 

Apa faedah gletser bagi manusia ? 
Pada dasarnya glester tidak memberikan manfaat langsung bagi manusia, walaupun begitu manfaatnya sangat besar dirasakan oleh manusia diantaranya : 

1. Di jadikan tempat lalu lintas dan pariwisata seperti danau-danau glasial di lereng-lereng Pegunungan Alpina ddan di Amerika Utara.

2. Di gunakan sebagai tempat berlindung perahu atau kapal pada waktu badai dan merupakan tempat penangkapan ikan yang aman seperti terbentuknya fyord sebagai hasil erosi glasial di Norwegia.

3. Di jadikan tempat penelitian bagi ahli glasiologi.

4. Di fungsikan menjadi tempat olah raga musim dingin (ski) seperti daerah bersalju.

5. Merupakan sumber air bagi ungai di bawahnya.

Itulah manfaat-manfaat gletser yang tidak langsung bagi manusia.


Sumber : buku ilmu pengetahuan bumi dan antariksa 

SUMBER PENGETAHUAN . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | ADJIE CREATOR