Monday, January 13, 2020


Pengertian Historiografi

Seorang sejarawan dalam meneliti sumber sejarah tersebut ada beberapa langkah langkah, diantara nya ada pencarian topik, heuristik, verifikasi, interpretasi dan heuristik.
Historiografi ini merupakan langkah terakhir dalam penelitian sejarah. Jadi mari kita simak apa pengertian dari historiografi.

Historiografi berasal dari bahasa Yunani, yaitu historia berarti penyelidikan dan grafein berarti gambaran, lukisan atau uraian. Jadi historiografi merupakan sebuah rekontruksi yang imajinatif dari pada masa lampau berdasarkan data yang di peroleh dengan menempuh proses.

Historiografi ini memiliki fungsi diantaranya

  1. Fungsi Genetis adalah untuk melacak asal usul suatu peristiwa dengan melacak geneologisnya. Contoh nya tampak jelas pada babad tanah jawi, sejarah melayu dan kronik kutai. 
  2. Fungsi didaktis adalah suatu fungsi dalam historiografi dimana sejarah di tempatkan sebagai cerita pengalaman kolektif dan juga di dalamnya memuat banyak pelajaran,hikmah, serta suri teladan bagi pembaca.
  3. Fungsi Pragmatis adalah fungsi untuk melegitimasi suatu kekuasaan khusunya dan situasi politik pada umumnya walaupun dengan cara tidak rasional yaitu dengan mengaitkan garis keturunan para penguasa dengan para dewa, biasanya banyak terjadi di historiografi tradisional. 

SUMBER PENGETAHUAN . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | ADJIE CREATOR