Wednesday, October 4, 2017

Apakah kalian tahu arti flora dan fauna ?

flora memiliki arti Tumbuhan sedangkan fauna memiliki arti Hewan.
Di Indonesia ada banyak sekali jenis serta jumlah flora dan fauna. saking banyaknya floa dan fauna banyak peneliti dari para ahli meneliti nya.


Flora di Indonesia

Para ahli memperkirakan ada sekitar 4.000 jenis pohon dan ribuan jenis tumbuhan berbunga yang tumbuh di Indonesia. berdasarkan persebarannya, jenis-jenis flora di Indonesia dapat bedakan menjadi tiga jenis diantarnya :
  • Wilayah Indonesia bagian barat didominasi oleh vegetasi hutan hujan tropis yang tanahnya selalu basah. jenis-jenis tumbuhan di kawasan ini floranya memiliki kesamaan dengan flora di Benua Asia. 
  • Wilayah Indonesia bagian tengah didominasi oleh hutan musim. jenis tumbuhan di kawasan ini seperti palma, cemara , dan rerumputan. 
  • Wilayah Indonesia bagian timur memiliki kesamaan dengan tumbuhan di kawasan Benua Australia. 
itulah flora di Indonesia  yang sangat banyak tumbuh di wilayah Indonesia. Adapun fauna di Indonesianya  antara lain.

Fauna di Indonesia 

Fauna di Indonesia diperkirakan berjumlah sekitar 220.000 jenis hewan. sangat banyak yah. jenis hewannya itu  terdiri dari serangga, ikan, unggas, reptil, mamalia dan amfibi. karena Indonesia ini diapit oleh dua Benua yaitu Benua Asia dan Australia maka dikelompokanlah fauna itu menjadi tiga macam.
  • Jenis fauna Asiatik ( bagian barat ) misalnya gajah, harimau, banteng dan orang utan. hewan-hewan itulah yang hidup di Indonesia bagian barat, yaitu Sumtra, Kalimantan, Jawa dan pulau -pulau kecil. 
  • Jenis fauna Australik ( bagian timur ) misalnya kuskus, musang berkantong. cendrawasih, burung nuri, burung kakatua dan kasuari. hewan -hewan itu lah yang hidup di bagian timur Indonesia, yaitu Papua dan Maluku. 
  • Jenis Peralihan misalnya komodo, babi rusa, anoa dan burung maleo. hewan-hewan ini hidup di Indonesia bagian tengah, yaitu Sulawesi, Nusa Tenggara dan Maluku. 
dapat disimpulkan tentang pembahasan diatas bahwa di Indonesia memiliki berbagai jenis tumbuhan dan hewan.


Sumber: buku paket IPS

SUMBER PENGETAHUAN . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | ADJIE CREATOR