Tuesday, January 21, 2020


Indonesia merupakan negara terluas dan terkaya akan kebudayaan karena banyak sekali kebudayaan kebudayaan yang berbeda di setiap daerah nya, semua ini bermula ketika terbentuknya jalur perdagangan, salah satu jalur perdagangan yang paling strategis pada masa itu lewat jalur selat malaka, adanya jalur perdagangan tersebut mengakibatkan terjadinya kontak dagang antara indonesia dengan negara negara lain salah satunya india, bukan hanya terjadinya kontak dalam hal perdagangan saja, tetapi juga mengakibatkan adanya kontak budaya. Kontak budaya tersebut menghasilkan perpaduan baru diantara kedua kebudayaan tersebut, tanpa menghilangkan kebudayaan lama, ini di namakan dengan akulturasi. Akulturasi terjadi ketika masa hindu dan budha masuk ke indonesia. Contoh hasil akulturasi kebudayaan hindu dan budha dengan kebudsyaan indonesia antara lain:

  1. Seni Bangunan 
Seni Bangunan terdiri atas bangunan keagaaman dan non ke agamaan.

a. Candi

Candi kata tersebut di ambil dari kata candikagraha artinya kediaman. Jadi candi merupakan sebuah bangunan yang mana memiliki fungsi sebagai makam sekaligus sebuah tempat untuk pemujaan. Candi ini terdiri ke dalam 3 bagian diantaranya, kaki candi, badan candi dan atap candi. Kaki candi melambangkan alam bawah artinya dunia manusia yang masih terikat dengan hal hal yang bersifat duniawi. Tubuh candi melambangkan alam antara artinya dunia manusia yang sudah tidak terikat dengan hal hal duniawi. Atap candi melambangkan alam atas artinya tempat para dewa bersemayam.


b. Stupa

Bangunan yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan benda benda keramat serta tempat untuk memperingati kejadian penting dalam kehidupan budha gautama.

c. Gapura

Bangunan yang berupa pintu gerbang.

d. Petirtaan

Pemandian suci di kalangan istana.

   2. Seni Rupa dan ukir

a. Relief

Relief adalah seni pahat berupa hiasan hiasan dinding candi yang melukiskan cerita.


b. Arca

Arca adalah patung yang di pahat sedemikian rupa sehingga membentuk bentuk tertentu.

   3. Sistem Kepercayaan

Sebelum masuknya hindu dan budha ke indonesia, masyarakat indonesia menyembah roh roh nenek moyang tetapi ketika hindu budha masuk dan menyebarkan pengaruhnya membuat masyarakat indonesia untuk menyembah dewa dewa tetapi tidak menghilangkan kepercayaan lama. Bisa di liat dari fungsi candi di indonesia. Sebagai tempat pemujaan dan tempat pemakaman raja raja (menyimpan abu) yang berkuasa pada masa itu.

   4. Sistem Pemerintahan

Sebelum masuk hindu dan budha di indonesia. Kelompok sosial yang ada di indonesia ini di pimpin oleh kepala suku. Tetapi setelah masuk hindu dan budha sistem tersebut berkembang lebih teratur dan terorganisasi menjadi sebuah kerajaan dan kepala suku nya sekrang di sebut raja.



SUMBER PENGETAHUAN . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | ADJIE CREATOR