Sunday, February 23, 2020

Sejarah merupakan suatu peristiwa atau kejadian yang terjadi di masa lampau yang tidak mungkin bisa terulang kembali. Untuk mengetahui tentang kebenaran akan peristiwa atau kejadian di masa lampau di perlukan lah akan bukti bukti atau sumber sumber, baik itu tertulis, lisan atau benda.

Bagi sejarawan, sumber sejarah ini merupakan alat,  untuk dapat mengetahui tentang kenyataan sejarah. Tanpa adanya sumber, sejarawan tidak akan bisa bicara apa-apa mengenai masa lalu. 

Lantas apa itu sumber sejarah??


Sumber sejarah adalah sesuatu yang secara langsung atau bisa juga tidak langsung uang menyampaikan kepada kita tentang suatu kenyataan pada masa lalu. 
Sumber sejarah ini terdiri dari beberapa sumber di antaranya: 

Sumber Tertulis : keterangan tentang peristiwa masa lalu yang mana di sampaikan secara tertulis. Contoh nya seperti karya sastra, laporan-laporan, prasasti, dan surat pribadi/buku harian.


Sumber lisan : keterangan-keterangan yang di peroleh dari pelaku dan saksi sejarah. Contoh nya lewat wawancara, alat perekam, dan tradisi bercerita mengenai masa lalu yang berkembang di masyarakat.



Sumber benda : sumber yang mana berbentuk artefak atau hasil budaya yang ditemukan di suatu tempat. Contohnya peralatan-peralatan penunjang kegiatan manusia, foto, dan bangunan bersejarah.



SUMBER PENGETAHUAN . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | ADJIE CREATOR