Thursday, August 30, 2018

Rawa sebuah kata yang sudah tidak asing lagi di telinga kita, bahkan sudah mengetahui seperti apa rawa itu. Tapi, masih banyak yaang belum mengerti definisi tentang rawa. oleh karena itu, kami akan menjelaskan apa yang dimaksud dengan rawa. Yang dimaksud dengan rawa ialah genangan-genangan air daratan pada cekungan yang relatif dangkal dan sering kali di tutupi tumbuhan-tumbuhan air. 


Jadi seperti yang sudah di jelakan diatas, itulah yang dimaksud dengan rawa, untuk menemukan rawa sangatlah mudah karena rawa banyak ditemukan di bagian tengah dan hilir aliran sungai yang mengalir di daratan yang hampir sama tingginya dengan tinggi air sungai. Selain terdapat di bagian tengah dan hilir, rawa juga  terdapat di sepanjang pantai yang ladai yang banyak dipengaruhi pasangsurut air laut. Rawa yang seperti ini dinamakan rawa pantai. Rawa pantai ini terdapat di pantai timur Sumatra, pantai selatan Kalimantan, di Irian Jaya dan di beberapa tempat pantai utara Jawa. 

Rawa memiliki manfaat bagi makhluk hidup terutama manusia diantaranya: 

  1. Dapat digunakan untuk di tanami padi yang dapat menyesuaikan batangnya dengan naik turunya permukaan air sungai contoh rawa di tepi sungai. 
  2. Menghasilkan kayu untuk keperluan manusia contoh rawa dengan hutan mangrove (bakau, api-api dan sebagainya. 
  3. Memberi manfaat sebagai penghaill bahan atap contoh rawa pantai yang terdapat nipah rumbia yang tumbuh di dalamnya. 
  4. beberapa jenis rawa dapat menghasilkan ikan untuk di konsumsi manusia. 
ke empat manfaat rawa tersebut merupakan sampel dari manfaat rawa bagi manusia masih banyak lagi manfaat-manfaat dari rawa tersebut. 




Sumber : buku ilmu pengetahuan bumi dan antariksa

SUMBER PENGETAHUAN . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | ADJIE CREATOR